Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sterilisasi Jalan Car Free Night Mulai Pukul 14.00

Kompas.com - 26/12/2012, 14:17 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama perayaan malam Tahun Baru di Jakarta, pengendara bermotor hanya bisa melintas di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan Majapahit di bawah pukul 21.00 WIB. Sebab, jalan protokol sepanjang delapan kilometer ini akan digunakan untuk acara Car Free Night.

"Masyarakat (diharapkan) menyiapkan diri untuk kapan masuk atau keluar dari kawasan (pelaksanaan Car Free Night) tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, Rabu (26/12/2012).

Jalan yang akan digunakan untuk acara malam pergantian Tahun Baru itu akan mulai disterilisasi pada Senin (31/12/2012), pukul 14.00 WIB. Setelah itu, pada pukul 18.00 WIB, jalur-jalur utama akan mulai ditutup. Hanya jalur lambat yang masih dibuka untuk memberi kesempatan bagi warga yang memiliki keperluan dengan kendaraan bermotor sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Baru pada pukul 21.00 WIB seluruh jalur akan ditutup dan hanya akan boleh dilintasi pejalan kaki dan pengguna sepeda. Polisi tidak akan menoleransi setiap kendaraan yang akan lewat, apa pun keperluannya.

Car Free Night akan dilaksanakan dari mulai lampu lalu lintas Harmoni sampai Bundaran Senayan, yang akan melewati Jalan Majapahit, Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, dan Jenderal Sudirman.

"Jika ada (kendaraan) yang telanjur masuk, maka baru akan bisa keluar pada pukul 02.00," kata Rikwanto.

Untuk tempat parkir kendaraan, pihak kepolisian telah menyiapkan di Lapangan Banteng, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional, dan Gelora Bung Karno.

Tujuan pelaksanaan Car Free Night ini, kata Rikwanto, untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas, juga kemacetan pada malam Tahun Baru. Selain itu, program ini juga akan mengurangi budaya konvoi kendaraan bermotor, sekaligus mengurangi polusi.

Bagi para pejalan kaki, hal ini tentu saja memberi kenyamanan karena mereka bisa merayakan malam Tahun Baru tanpa diganggu kendaraan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com