Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Parkir "Car Free Night" Lebih dari Cukup

Kompas.com - 26/12/2012, 09:53 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana menerapkan Jakarta bebas kendaraan di malam hari (car free night) hampir pasti jadi dilaksanakan pada 31 Desember nanti. Kemudian muncul kekhawatiran bahwa masyarakat akan kesulitan mendapatkan lahan parkir saat akan menikmati malam pergantian tahun di lokasi car free night.

Menjawab itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan jika car free night telah dikaji serius sebelum nantinya benar-benar dilaksanakan. Semua hal yang berpotensi mengganggu akan dicarikan antisipasinya, baik itu arus lalu lintas, ataupun lahan parkir.

"Soal parkir di car free night itu lebih dari cukup," kata Jokowi seusai memimpin upacara peringatan Hari Ibu, di lapangan IRTI, Monas, Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono juga telah mengatakan bahwa Polda Metro Jaya telah menyiapkan alternatif lahan parkir untuk warga DKI yang ingin datang ke car free night. Selain itu, juga disediakan lahan parkir di Lapangan IRTI Monas dan Parkir Timur Senayan.

Untuk warga yang datang bergerombol dengan menyewa angkutan umum juga dapat parkir di gedung-gedung yang berada di "pintu" masuk car free night. Sebagai informasi, car free night akan mulai diberlakukan sepanjang hampir tujuh kilometer dari Sudirman-Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat, pada 31 Desember 2012 mulai pukul 21.00 WIB hingga 02.00 WIB dini hari.

Dengan kebijakan ini, arus lalu lintas sebelum jalur dari Bundaran Senayan hingga Jalan Medan Merdeka Barat ditutup pada pukul 21.00 WIB, masyarakat masih dapat melalui jalur pada siang atau sore hari. Namun, sejak sore Dishub DKI bersama pihak Polda Metro Jaya akan mulai melakukan penyaringan mobil-mobil yang tidak perlu melewati jalur tersebut.

Bagi pengunjung atau tamu-tamu gedung dan hotel yang berada di sepanjang jalur car free night masih dapat melintas sampai pukul 21.00 WIB. Sedikitnya akan ada 15 panggung yang tersebar dalam car free night, mulai dari air mancur patung kuda bunderan Indosat hingga Universitas Atmajaya.

Seluruh panggung acara akan dimeriahkan dengan aneka macam hiburan dari para seniman dan atraksi hiburan lainnya. Acara puncaknya akan ada pesta kembang api di Bundaran HI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com