Kompas.com - 24/12/2012, 15:09 WIB
|
EditorFarid Assifa

MALANG, KOMPAS.com -- Dalam perayaan Hari Natal, di Malang, Jawa Timur, tak hanya pihak kepolisian dan unsur TNI yang ikut serta mengamankan hari raya ini. Seribu personel Barisan Serbaguna (Banser) juga diturunkan untuk mengamankan pelaksanaan Misa Natal di seluruh geraja di wilayah Malang.

"Sebanyak 1.000 Banser diturunkan untuk bersiaga mengamankan misa Natal umat kristiani. Personel Banser itu bertugas berjaga di 108 gereja di Malang," kata Asisten Perencanaan Pendidikan dan Latihan Badan Koordinasi Nasional Banser, Abdul Mujib Syadzili, Senin (24/12/2012) saat dihubungi Kompas.com.

Menurutnya, keikutsertaan Banser bukan hanya dilakukan di Malang, tetapi di seluruh daerah di Indonesia. "Banser juga dikerahkan untuk menjaga keamanan umat kristiani yang menggelar Misa Natal di seluruh daerah di Indonesia. Itu dilakukan setiap tahun," tandas pria yang akrab disapa Gus Mujib.

Banser, katanya, tetap bersikap toleransi, karena itu adalah teladan Nabi Muhammad SAW. "Tidak ada masalah. Ikut serta menjaga keamanan pelaksanaan Natal itu harus diutamakan," katanya.

Di tempat berbeda, Kepala Humas Polres Malang Kota AKP Dwiko Gunawan mengatakan, petugas kepolisian mengerahkan sebanyak 1.000 personel untuk pengamanan selama perayaan Natal.

"Sejak hari ini, petugas kepolisian bersama tim Jihandak akan menyiris gereja-gereja untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Setiap gereja, tambahnya, minimal dijaga dua personel kepolisian dan difokuskan di sejumlah gereja yang mempunyai jemaat cukup banyak. "Intelijen juga disebar untuk mendeteksi ancaman sejak dini," tandas Dwiko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.