Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seribu Personel Banser Ikut Amankan Natal

Kompas.com - 24/12/2012, 15:09 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com -- Dalam perayaan Hari Natal, di Malang, Jawa Timur, tak hanya pihak kepolisian dan unsur TNI yang ikut serta mengamankan hari raya ini. Seribu personel Barisan Serbaguna (Banser) juga diturunkan untuk mengamankan pelaksanaan Misa Natal di seluruh geraja di wilayah Malang.

"Sebanyak 1.000 Banser diturunkan untuk bersiaga mengamankan misa Natal umat kristiani. Personel Banser itu bertugas berjaga di 108 gereja di Malang," kata Asisten Perencanaan Pendidikan dan Latihan Badan Koordinasi Nasional Banser, Abdul Mujib Syadzili, Senin (24/12/2012) saat dihubungi Kompas.com.

Menurutnya, keikutsertaan Banser bukan hanya dilakukan di Malang, tetapi di seluruh daerah di Indonesia. "Banser juga dikerahkan untuk menjaga keamanan umat kristiani yang menggelar Misa Natal di seluruh daerah di Indonesia. Itu dilakukan setiap tahun," tandas pria yang akrab disapa Gus Mujib.

Banser, katanya, tetap bersikap toleransi, karena itu adalah teladan Nabi Muhammad SAW. "Tidak ada masalah. Ikut serta menjaga keamanan pelaksanaan Natal itu harus diutamakan," katanya.

Di tempat berbeda, Kepala Humas Polres Malang Kota AKP Dwiko Gunawan mengatakan, petugas kepolisian mengerahkan sebanyak 1.000 personel untuk pengamanan selama perayaan Natal.

"Sejak hari ini, petugas kepolisian bersama tim Jihandak akan menyiris gereja-gereja untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Setiap gereja, tambahnya, minimal dijaga dua personel kepolisian dan difokuskan di sejumlah gereja yang mempunyai jemaat cukup banyak. "Intelijen juga disebar untuk mendeteksi ancaman sejak dini," tandas Dwiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com