Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Polisi Amankan Natal 71 Gereja di Kolaka

Kompas.com - 24/12/2012, 09:20 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Kepolisian menerjunkan ratusan petugas untuk pengamanan perayaan Natal di 71 gereja di Kolaka Sulawesi Tenggara.  Kepala Bagian Oprasional Polres Kolaka, Ajun Komisaris Polisi Lalu Arief mengatakan, 215 petugas tergabung dengan pasukan dari tiap Polsek di daerah-daerah.

"Jadi untuk yang terlibat itu dari segala satuan yang ada. Kalau kita di Polres itu mengerahkan 215 orang pasukan inti da nada juga yang disiagakan. Selebihnya dari TNI, Dinas Perhunungan untuk masalah jalan raya dan berbagai pihak lain yang kita libatkan dalam memberikan rasa aman untuk natal besok," ungkapnya, Senin (24/12/2012).

Pengamanan terpusat di dalam kota karena terdapat 53 gereja besar di dalam kota. "Masalah pengamanan sebenarnya semua kita siagakan, tapi karena di dalam kota lebih banyak gereja dan skala besar makanya sebagian besar pasukan memang disiagakan di dalam kota. Namun untuk yang di luar kota masih di back-up dengan anggota Polsek di masing-masing wilayah dan pasti babinsa dari satuan TNI juga dilibatkan," tambahnya.

Polisi berharap seluruh lapisan masyarakat berperan untk memberikan rasa aman. "Kami sadar, sebesar apapun pengamanan yang kita lakukan tanpa peran serta masyarakat untuk menjaga ketertiban tersebit pasti sulit. Makanya peran serta dari masyarakat sangat kita butuhkan. Karena pengamanan kita ini untuk mencegah aksi terror dari siapa pun," tegasnya.

Arief mengatakan, pengamanan Natal dirangkaikan dengan persiapan tahun baru 2013 dengan sebutan operasi Lilin. Polres Kolaka melakukan operasi Lilin selama 10 hari dan pengamanan juga difokuskan pada pusat perbelanjaan ataua tempat keramaian lain yang ada di Kolaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com