Hadapi Pemilu, SBY Minta Kader Demokrat Gunakan Dana Halal

Kompas.com - 15/12/2012, 17:23 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono meminta kader Demokrat untuk mempersiapkan diri dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang. SBY meningatkan agar seluruh kader harus menggunakan logistik Pemilu yang berasal dari dana yang halal.

Hal tersebut disampaikan SBY saat memberikan pengarahan secara tertutup dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Partai Demokrat, Sabtu (15/12/2012), di Sentul International Convention Center (SICC). "Tadi disampaikan juga oleh Pak SBY terkait logistik pemilu. Salah satu syarat pentingnya kita bisa memenangkan pemilu adalah dengan logistik pemilu yang tidak berlebihan, didapat secara halal, dan tidak boleh melanggar aturan," ujar Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman sesaat usai pidato SBY.

Selain itu, Hayono menjelaskan, SBY mengungkapkan bahwa tidak benar Partai Demokrat disebut sebagai partai korup. SBY, lanjut Hayono, menegaskan tindakan korup hanya dilakukan oknum. Sementara Partai Demokrat secara konsisten mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan proses hukum.

"Kalau oknum itu bersalah silakan diproses, kalau tidak silakan namanya direhabilitasi. Kami tidak ada indikasi sedikit pun melakukan intervensi," ucap Hayono.

Ia menuturkan, SBY berusaha membangkitkan kembali semangat para kader menjelang pemilu 2014. Tahun 2013 disebut SBY sebagai tahun politik. Menjelang tahun politik, SBY menyebutkan elektabilitas Demokrat yang kian menurun. "Ini jelas ada masalah di partai yang perlu diperbaiki, dibenahi partai sehingga semua diminta bekerja dengan baik," imbuh Hayono.

Sambutan SBY dalam acara Silatnas kali ini dilakukan sekitar 20 menit. Sambutan SBY tertutup bagi media massa dan hanya boleh didengar oleh ribuan kader Demokrat yang berasal dari Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Daera, Dewan Pimpinan Cabang, organisasi sayap, Dewan Pembina, hingga Fraksi Partai Demokrat.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X