Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Pemekaran Koltim, Mahasiswa Blokade Jalan

Kompas.com - 07/12/2012, 15:21 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa Forum Intelektual Muda Kolaka (FIMK-SULTRA), memblokade Jalan Abdullah Silondae, Kendari, Jumat (7/12/2012) saat berunjuk rasa mendesak pemekaran Kolaka Timur sebagai daerah otonomi baru (DOB). Selain berorasi, massa juga membakar ban bekas di bahu jalan, hingga mengganggu arus lalu lintas. Namun aksi itu tidak berlangsung lama.

"Kami berharap DPR RI objektif dalam menetapkan daerah yang layak dimekarkan, Koltim masuk ke kelompok 19 daerah di Indonesia yang akan dimekarkan. Koltim sudah memenuhi persyaratan secara yuridis dan teritorial, hal ini dilakukan saat presentasi yang dilakukan di Komisi 11 DPR RI 5 Desember lalu," jelas koordinator lapangan FIMK- Sultra, Karman Ibrahim.

Ia mengatakan, semua daerah yang telah dipresentasikan di DPR RI, tinggal menunggu penetapan pada 14 Desember 2012. "Koltim harga mati untuk dimekarkan, harapan itu yang kami harapkan dari DPR RI pada penetapan 14 Desember mendatang, karena semua syarat sudah terpenuhi," ujarnya.

Lanjut Karman, alasan lain percepat pemekaran, yang paling mengemuka adalah sejalan dengan semangat otonomi daerah. Menurutnya, Undang-Undang 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, dituangkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2007 tentang tata cara pembentukan, penghapusan dan pembangunan daerah.

"Diisyaratkan bahwa dalam pembentukan pemerintahan daerah yang baru didasari adanya persyaratan administrasi, teknik dan fisik kewilayahan, kemapanan ekonomi, potensi daerah, pertanahan, keamanan, sosial budaya, sosial politik, kependudukan, luas daerah, tingkat kesejahteraan masyarakat, rentang kendali, dan faktor lain yang memunginkan terselenggarannya pemerintahan daerah. Termasuk syarat paling sedikit lima kecamatan pembentukan kabupaten dan kota sudah termasuk calon ibu kotanya serta sarana dan prasarana," beber Karman.

Setelah berorasi, Massa Forum Intelektual Muda Kolaka (FIMK-SULTRA) membubarkan diri dengan tertib. Untuk diketahui, daerah yang akan dimekarkan di Sultra sebanyak 6 daerah, antara lain, Konawe Kepulauan (pulau Wawonii), Koltim, Buton Selatan, Buton Tengah, Kota Raha, dan Muna Barat.

Sebelumnya diberitakan, desakan pemekaran daerah juga telah disuarakan ratusan warga Pulau Wawonii yang tergabung dalam Gerakan Forum Wawonii Bersatu. Mereka mendesak DPRD Sultra untuk memberi rekomendasi pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) ke Komisi II DPR- RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com