Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Hanya Mau Bertemu Gubernur

Kompas.com - 24/10/2012, 12:38 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demonstran dari sejumlah organisasi buruh hanya mau bertemu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Mereka tidak ingin ditemui Satuan Polisi Pamong Praja, atau Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI sekalipun.

"Kita kesini bukan mau ketemu Satpol PP, bukan juga ketemu Dinas Tenaga Kerja, tetapi kami mau bertemu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo," tutur salah seorang orator di panggung mobil terbuka, Rabu (24/10/2012) di depan Balai Kota Jakarta.

Ribuan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memadati Jalan Medan Merdeka Selatan sejak pukul 11.00. Mereka menuntut Pemerintah DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi Rp 2.799.000 per bulan sesuai dengan survei kebutuhan riil pekerja Jakarta. Mereka juga menuntut agar pemerintah melakukan moratorium buruh dengan status alih daya (outsourcing).

Di tengah orasi para buruh, Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Deded Sukendar mendekati demonstran. Mereka tidak mau melayani dialog dengan Deded, sementara Deded mendekati pagar untuk bicara dengan buruh. Lalu Deded kembali masuk ke area Balai Kota. Tidak lama kemudian Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama sampai di halaman Balai Kota.

Di luar dugaan, Basuki naik panggung dan berorasi di tengah demonstran. "Kami sampaikan gubernur lagi membahas kebijakan umum anggaran. Maunya saya terima 20 orang masuk, tetapi nanti khawatir ada kecurigaan. Saya minta survei berapa sebenarnya standar hidup layak," tutur Basuki.

Ada perdebatan sejenak di depan ribuan massa. Perwakilan minta agar tidak mengikutsertakan Kepala Dinas Tenaga Kerja. Basuki menanggapi, "Dia harus ikut hadir dalam pembicaraan kita. Jika tidak mau bertobat kita pecat. Upah buruh Jakarta harus lebih mahal dari Jabodetabek," katanya disambut tepuk tangan buruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com