Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katingan Targetkan 75 Persen Sekolah Pakai Mebel

Kompas.com - 07/10/2012, 11:37 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

KATINGAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, Kalimantan Tengah menargetkan 75 persen sekolah di daerahnya sudah menggunakan mebel rotan pada tahun 2013. Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penyerapan rotan petani.

Bupati Katingan Duwel Rawing di Katingan, Kalteng, Minggu (7/10/2012), mengatakan, pihaknya tak bisa menyerap semua rotan yang menumpuk di Katingan, apalagi setelah ekspor dihentikan sejak tahun 2012. Namun, upaya meningkatkan penyerapan rotan terus dilakukan, salah satunya dengan penyediaan mebel untuk sekolah.

Jumlah sekolah dasar (SD) di Katingan misalnya, sekitar 190 unit dan sekolah menengah pertama (SMP) lebih dari 50 unit. Pemkab Katingan juga tengah mengembangkan teknologi agar rotan dapat digunakan sebagai pelapis lantai dan dinding. Selain itu, Duwel menyempatkan diri berkunjung ke sentra industri rotan.

Saya berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo dan Gresik di Jawa Timur pada September 2012. Diharapkan, rotan dari Katingan bisa disuplai ke daerah-daerah itu, ujarnya. Pemkab Katingan juga berkoordinasi dengan industri di Cirebon. Duwel menambahkan, ia sudah beberapa kali membahas masalah rotan di Katingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com