Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Terus Mengalir dari Bali ke Jawa

Kompas.com - 15/08/2012, 09:40 WIB
Siwi Yunita Cahyaningrum

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Gelombang arus mudik terus mengalir dari Pelabuhan Gilimanuk di Jembrana, Bali, ke Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Seperti pada Rabu (15/8/2012) pagi mulai pukul 06.00 hingga 08.00, setiap 15 menit ratusan kendaraan bermotor dan mobil antre keluar dari kapal yang baru bersandar di Pelabuhan Ketapang. Kendaraan-kendaraan yang berasal dari Bali itu sebagian menuju Jember lewat  arah pantai selatan dan sebagian ke jalur pantai utara menuju arah Surabaya.

Hingga tadi pagi, jumlah kapal yang dioperasikan di Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang baru 30 unit, atau belum mencapai jumlah maksimal, yakni 35 unit. Pemudik roda dua masih mendominasi. Tercatat ada 7.500 kendaraan roda dua yang menyeberang dari Bali ke Jawa hingga Selasa kemarin. Adapun pemudik roda empat mencapai 4.000 unit. Sementara yang menumpang kapal tercatat mencapai 37.000 orang.

Menurut Kepala Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Pelabuhan Ketapang Waspada Heruwanto, arus mudik diperkirakan mencapai puncaknya pada H-2 atau Jumat mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com