Kompas.com - 15/08/2012, 09:40 WIB
|
EditorRusdi Amral

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Gelombang arus mudik terus mengalir dari Pelabuhan Gilimanuk di Jembrana, Bali, ke Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Seperti pada Rabu (15/8/2012) pagi mulai pukul 06.00 hingga 08.00, setiap 15 menit ratusan kendaraan bermotor dan mobil antre keluar dari kapal yang baru bersandar di Pelabuhan Ketapang. Kendaraan-kendaraan yang berasal dari Bali itu sebagian menuju Jember lewat  arah pantai selatan dan sebagian ke jalur pantai utara menuju arah Surabaya.

Hingga tadi pagi, jumlah kapal yang dioperasikan di Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang baru 30 unit, atau belum mencapai jumlah maksimal, yakni 35 unit. Pemudik roda dua masih mendominasi. Tercatat ada 7.500 kendaraan roda dua yang menyeberang dari Bali ke Jawa hingga Selasa kemarin. Adapun pemudik roda empat mencapai 4.000 unit. Sementara yang menumpang kapal tercatat mencapai 37.000 orang.

Menurut Kepala Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Pelabuhan Ketapang Waspada Heruwanto, arus mudik diperkirakan mencapai puncaknya pada H-2 atau Jumat mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.