Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Lebaran, PMI Siagakan 4.580 Relawan

Kompas.com - 13/08/2012, 11:12 WIB
Mohamad Final Daeng

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com — Tingginya arus mudik Lebaran tahun ini yang berpotensi menimbulkan kecelakaan diantisipasi Palang Merah Indonesia dengan menyiapkan 285 pos pertolongan pertama di jalur mudik Jawa, Bali, dan Sumatera.

Jumlah relawan yang diturunkan selama sepekan sebelum hingga setelah Lebaran mencapai 4.580 orang. Hal itu terungkap dalam apel siaga Lebaran PMI Tahun 2012 yang digelar di Kantor Pusat PMI di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (13/8/2012).

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla memimpin apel siaga tersebut. Kalla mengatakan, potensi kecelakaan lalu lintas dalam mudik tinggi karena puluhan juta orang bergerak bersamaan dengan berbagai moda transportasi.

"Karena itu, PMI harus siaga untuk membantu pertolongan dan meminimalkan korban," katanya di hadapan para relawan. Yang termasuk relawan itu adalah juga dokter dan perawat yang disiagakan di pos-pos pertolongan pertama gabungan.

Pos-pos tersebut juga akan didukung 246 ambulans yang ditempatkan di titik-titik strategis jalur mudik, khususnya yang memiliki kerawanan tinggi. Pos pertolongan pertama ini tersebar di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bengkulu, Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Lampung, Riau, dan Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com