Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

256 Kendaraan Operasional Siap Kawal Mudik

Kompas.com - 12/08/2012, 09:59 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 256 kendaraan operasional akan dikerahkan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dalam menyambut arus mudik Lebaran tahun 2012. Kendaraan tersebut rencananya akan disebar di seluruh ruas jalan tol yang dioperasikan PT Jasa Marga. Direktur Operasi PT Jasa Marga, Hasanudin, mengungkapkan, sebanyak 256 kendaraan operasional tersebut terdiri dari 22 mobil ambulans, 96 derek, 67 patroli jalan raya, 57 kendaraan layanan jalan tol dan 13 kendaraan rescue.

"Semua kendaraan tersebut stand by 24 jam dan siap membantu para pengguna jalal yang membutuhkan," ujarnya dalam konferensi pers yang dilakukan di kantor PT Jasa Marga, Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/8/2012) lalu.

Hasanudin melanjutkan, khusus untuk wilayah Jabodetabek, pihaknya turut menyiapkan dua kendaraan rescue truk serba guna atau yang biasa disebut Komo. Kendaraan tersebut mampu melakukan evaluasi kendaraan truk yang mengalami kecelakaan di dalam tol.

"Kendaraan rescue serba guna ini juga mampu memotong pelat mobil, memadamkan api, menyapu jalan, bahkan bisa menderek kendaraan-kendaraan besar," lanjutnya.

Untuk operasional di lapangan, Jasa Marga juga menjalin kerjasama dengan berbagai instansi keamanan, antara lain Korem atau Koramil dan pihak kepolisian dengan menempatkan petugas di berbagai lokasi yang dianggap rawan gangguan keamanan. Dengan demikian, pihak Jasa Marga berharap, aktivitas mudik masyarakat dapat berlangsung aman dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com