Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Arus Mudik, 111 Pos Pengamanan Didirikan

Kompas.com - 09/08/2012, 16:31 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menggelar operasi Ketupat Jaya mulai besok, Jumat (10/8/2012) hingga 16 hari ke depan.

Selama pelaksanaan operasi itu, akan didirikan 111 pos pengamanan (pospam) untuk memantau pelaksanaan arus mudik hingga arus balik.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Kamis (9/8/2012), di Mapolda Metro Jaya.

"Untuk operasi Ketupat Jaya akan ada 111 pospam yang akan diletakkan di perbatasan Banten-DKI dan Jawa Barat-DKI," tutur Rikwanto.

Pospam di perbatasan Banten-Jakarta terletak di Citra Raya, Tangerang sementara di perbatasan Jawa Barat-Jakarta terletak di Kedung Waringin, Bekasi. Di kedua pos tersebut, polisi juga akan melakukan pengecekan bagi pemudik motor yang kapasitasnya berlebih.

Pospam juga akan ditempatkan di terminal bus 4 lokasi, stasiun kereta api 6 lokasi, bandara 2 lokasi, pelabuhan 1 lokasi, dan tempat rekreasi 3 lokasi. Contohnya yakni di Stasiun Senen, Pelabuhan Tanjung Priok, Stasiun Gambir, Stasiun Jatinegara, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Lebak Bulus, Terminal Pulo Gadung, Bandara Soekarno-Hatta, TMII, Taman Margasatwa Ragunan, dan Ancol.

"Selain itu kami juga tempatkan pos-pos serupa di titik arus mudik, dan jalan protokol," kata Rikwanto.

Di pospam itu, aparat kepolisian akan bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi dan merek industri kendaraan bermotor untuk memberikan pelayanan service kendaraan atau telelkomunikasi. Adapun, Operasi Ketupat Jaya 2012 dilaksanakan selama 16 hari terhitung dari H-9 sampai dengan H+6 Lebaran.

Di dalam operasi tersebut, Polda mengerahkan 8.000 personil yang teridiri dari 3.276 personil Polda dan 4.724 personil dari jajaran Polres.

Adapun sasaran operasi ini antara lain, tempat terminal bus, stasiun kereta api, bandara, pelabuhan, tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan. Kemudian, tempat ibadah umat Islam masjid dan lapangan yang digunakan untuk shalat Idul Fitri serta pemukiman dan rumah-rumah yang ditinggal penghuninya untuk mudik.

Untuk sasaran kegiatannya yang masuk dalam operasi ini antara lain, takbir keliling, shalat Idul Fitri, pembagian zakat, belanja keperluan lebaran, mudik atau balik, rekreasi, dan wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com