Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puskapol FISIP UI Prediksi Pilkada 2 Putaran

Kompas.com - 11/07/2012, 14:15 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Manajer Pusat Data Pusat Kajian Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Dirga Irsan memprediksi, Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta bakal berlangsung dua putaran. "Kalau enam calon pasangan gubernur DKI, sulit memang kalau dua putaran," katanya, Selasa malam, di Jakarta.

Menurut Dosen FISIP UI yang mengajar Pemilu dan Perwakilan Politik di Indonesia itu, setiap pasangan calon akan memperoleh suara bervariasi dari angka 22 persen turun ke 19 persen dan 10-an persen.

"Salah satu alasannya karena pada survei Pusat Data Pusat Kajian Politik (Puskapol) FISIP UI awal Juni lalu, tercatat masih 57,9 persen yang salah dan tidak tahu kapan dilaksanakannya pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dari hasil survei Puskapol, ada 65,3 persen yang menjawab salah mengenai jumlah peserta pasangan calon pada pilkada hari Rabu (11/7/2012) ini.

"Meski 80 persen akan hadir, belum tentu mereka memenuhi haknya untuk memilih," kata Dirga. Dari hasil pantauan Kompas, di TPS 029 di Batuampar, Condet, yang menjadi basis dukungan pasangan Gubernur Fauzi Bowo, siang ini, dari 448 daftar pemilih tetap, hanya sekitar 250 orang yang datang ke TPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com