Alih Fungsi Harus Diberikan Ganti Rugi

Kompas.com - 05/07/2012, 05:25 WIB
Editor

Padang, Kompas - Alih fungsi lahan untuk pembangunan hunian tetap korban tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, mesti dilakukan dengan pertimbangan memberikan ganti rugi. Ini dinilai penting sebagai modal bagi korban memulai kehidupan di tempat baru.

”Sebab, pada dasarnya manusia hidup dari pangan sehingga akan sulit memisahkan mereka dari sumber-sumber penghidupan yang ada,” kata Penasihat Yayasan Citra Mandiri Mentawai, Rachmadi, Rabu (4/7).

Ia mengatakan, pembangunan hunian tetap yang direncanakan berada di kawasan hutan produksi saat ini berada jauh dari lokasi ladang tempat warga bercocok tanam.

Hutan produksi yang saat ini dalam proses alih fungsi menjadi areal penggunaan lain itu harus ditukar guling dengan lahan lain di Kepulauan Mentawai dan tambahan lahan di Kabupaten Sijunjung.

Rachmadi menambahkan, lokasi tukar guling lahan produksi itu sementara ini berada di lokasi-lokasi yang menjadi la- han produktif milik korban tsunami.

”Karena itulah ganti rugi lahan dan tanaman warga harus dilakukan,” lanjutnya.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Rijel Samaloisa mengatakan, pihaknya belum memiliki rencana mengganti kerugian milik sebagian warga. Yang terpenting saat ini ialah membangun hunian tetap bagi korban tsunami yang terpaksa bertahan di hunian sementara. (INK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.