Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidayat: Siapa Pun Jangan Mau Dikalahkan Narkoba

Kompas.com - 20/06/2012, 16:38 WIB
Robertus Bellarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid, meminta masyarakat dan siapa pun jangan sampai dikalahkan oleh narkoba. Hal ini disampaikan Hidayat seusai memenuhi undangan Pesantren Darul Difah untuk memberikan ceramah kepada warga Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (20/6/2012).

"Manusia bisa salah, tetapi kita bisa melakukan perubahan. Kita jangan sampai kalah dengan narkoba dan kejahatan-kejahatan, perilaku kriminalitas apa pun juga," kata Hidayat.

Menurutnya, hal ini bisa dilakukan sebab Rasulullah mengajarkan bahwa umatnya bisa mengalahkan itu semua. Hidayat, yang usai memberikan ceramah Isra Miraj di Lapas Narkotika Cipinang itu, mencontohkan bagi umat Islam, untuk mengalahkan semua godaan itu dengan selalu melakukan shalat yang dapat memberikan penguatan.

"Umat ini (pecandu narkoba) tidak ditakdirkan untuk menjadi penambah masalah secara terus-menerus, tetapi kita bisa memberikan solusi dan hal itu harus dikedepankan. Jakarta membuka ruang bagi siapa saja," ujar Hidayat.

Hidayat mengatakan, dalam visinya, ia akan bekerja sama dengan kementerian yang memiliki kewenangan agar penghuni lapas tetap mendapatkan haknya, dan dapat menunaikan kewajibannya. Hal ini, menurutnya, dimaksudkan agar kemudian penghuni lapas bisa menjadi lebih baik, bukan menjadi masalah baru ke depan.

"Tentunya ini perlu ada bentuk kerja sama karena pastinya lapas mempunyai keterbatasan dengan segala kondisinya," jelasnya.

Sementara itu, terkait keikutsertaan Pilkada DKI oleh penghuni lapas, Hidayat mengatakan perlunya mengkritisi hal ini, baik di lapas maupun di luar lapas, dan dimana pun juga menurutnya tetap sama, yaitu agar adanya koreksi supaya tidak ada penggelembungan suara dan juga DPT palsu atau fiktif di dalam Pilkada DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 11 Juli 2012 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com