Kompas.com - 11/06/2012, 11:49 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin (11/6/2012), memeriksa fotografer media Kapanlagi.com, Budi Juwono, terkait penyidikan kasus dugaan suap penganggaran proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pendidikan Nasional. Budi dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka kasus itu, Angelina Sondakh. "Diperiksa sebagai saksi untuk AS (Angelina Sondakh)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha, di Jakarta, Senin.

Diketahui, Budi telah memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sekitar pukul 10.00 WIB. Pemeriksaan Budi hari ini bertujuan mengonfirmasi foto Angelina Sondakh dengan BlackBerry (BBM) yang diambil Budi sekitar 2009 dan 2010. Foto tersebut diambil di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Sama halnya dengan pemeriksaan Budi, Kamis (8/6/2012), KPK memeriksa fotografer Harian Tribun Timur, Abbas Sandji. Seusai diperiksa, Abbas mengaku menyerahkan ke penyidik KPK 13 foto Angelina dengan BlackBerry. Foto tersebut diambil saat gladi bersih pelantikan 520 anggota DPR 2009-2014 pada 30 September 2009. Dalam foto itu, Angelina yang mengenakan pakaian coklat muda tampak memperlihatkan BlackBerry-nya kepada Adji Massaid, suami Angelina.

Seperti diketahui, Angelina kerap membantah melakukan percakapan BlackBerry Messenger dengan Mindo Rosalina Manulang. Angelina berdalih kalau dirinya baru menggunakan BlackBerry akhir tahun 2010. Sementara penyidik KPK menemukan bukti transkrip BBM antara Angelina dan Mindo yang dilakukan sebelum akhir 2009.

Percakapan BBM kedua wanita itu mengungkapkan adanya permintaan uang dari Angelina ke Muhammad Nazaruddin (bos Grup Permai) melalui Mindo. Menurut Mindo, uang tersebut diminta Angelina terkait pengurusan anggaran proyek wisma atlet SEA Games.

Adapun Mindo menjadi terpidana dua tahun enam bulan dalam kasus suap wisma atlet SEA Games. KPK menetapkan Angelina sebagai tersangka atas dugaan menerima pemberian hadiah atau janji terkait proyek wisma atlet di Kemenpora dan proyek pembangunan fasilitas universitas-universitas yang digarap Kementerian Pendidikan Nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.