1 Mei, KASBI Turunkan Ribuan Buruh

Kompas.com - 29/04/2012, 17:23 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang peringatan hari buruh internasional 1 Mei 2012 mendatang, serikat-serikat pekerja aktif melakukan konsolidasi untuk meramaikan pesta satu hari kaum buruh tersebut. salah satunya Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Nining Elitos, Ketua Umum Kasbi mengungkapkan, hari buruh merupakan sebuah momen perjuangan yang bersejarah dalam perlawanan kekuasaan modal. Namun, hingga kini, nasib para buruh masih belum mendapatkan hak kesejahteraannya akibat sistem kontrak yang masih diterapkan perusahaan.

"Kami mengajak seluruh kaum buruh untuk kembali menyatukan dan merapatkan barisan untuk bersama-sama menuntut penguasa agar menghapus sistem kerja kontrak serta menurunkan harga sembako bagi rakyat," ujarnya dalam koferensi pers yang diadakan di sekertariatnya, Jl. Cipinang Kebembem, Pisangan, Jakarta Timur, Minggu (29/4/2012).

Nining mengklaim, dalam aksi mendatang, Kasbi akan menurunkan 178.285 buruh yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia menegaskan para buruh tidak memiliki jalan lain selain melakukan mogok nasional dan berjuang turun ke jalan bersama-sama untuk menyuarakan tuntutannya.

"Aksi akan kita lakukan di Jakarta, Tangerang, Banten, Jogja sampai Jawa Timur. Kami akan ke HI terus ke istana. Mari bersama-sama berjuang untuk kesejahteraan rakyat," tegasnya.

Selain long march dari Bundaran HI menuju Istana Negara, para buruh juga telah mempersiapkan beberapa atraksi untuk meramaikan mayday mendatang, salah satunya dengan aksi teatrikal dan pembacaan puisi perjuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.