Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Mei, KASBI Turunkan Ribuan Buruh

Kompas.com - 29/04/2012, 17:23 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang peringatan hari buruh internasional 1 Mei 2012 mendatang, serikat-serikat pekerja aktif melakukan konsolidasi untuk meramaikan pesta satu hari kaum buruh tersebut. salah satunya Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Nining Elitos, Ketua Umum Kasbi mengungkapkan, hari buruh merupakan sebuah momen perjuangan yang bersejarah dalam perlawanan kekuasaan modal. Namun, hingga kini, nasib para buruh masih belum mendapatkan hak kesejahteraannya akibat sistem kontrak yang masih diterapkan perusahaan.

"Kami mengajak seluruh kaum buruh untuk kembali menyatukan dan merapatkan barisan untuk bersama-sama menuntut penguasa agar menghapus sistem kerja kontrak serta menurunkan harga sembako bagi rakyat," ujarnya dalam koferensi pers yang diadakan di sekertariatnya, Jl. Cipinang Kebembem, Pisangan, Jakarta Timur, Minggu (29/4/2012).

Nining mengklaim, dalam aksi mendatang, Kasbi akan menurunkan 178.285 buruh yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia menegaskan para buruh tidak memiliki jalan lain selain melakukan mogok nasional dan berjuang turun ke jalan bersama-sama untuk menyuarakan tuntutannya.

"Aksi akan kita lakukan di Jakarta, Tangerang, Banten, Jogja sampai Jawa Timur. Kami akan ke HI terus ke istana. Mari bersama-sama berjuang untuk kesejahteraan rakyat," tegasnya.

Selain long march dari Bundaran HI menuju Istana Negara, para buruh juga telah mempersiapkan beberapa atraksi untuk meramaikan mayday mendatang, salah satunya dengan aksi teatrikal dan pembacaan puisi perjuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com