Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Prediksi 50.000 Buruh Akan Masuki Jakarta

Kompas.com - 26/04/2012, 13:23 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Polda Metro Jaya memperkirakan sekitar 50.000 buruh akan memperingati Hari Buruh pada 1 Mei 2012 dengan beraksi di Jakarta.

"Perkiraan kami berdasarkan pemberitahuan lisan dari sejumlah kelompok buruh," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Kamis (26/4/2012).

Sejauh ini, belum ada pemberitahuan tertulis dari kelompok buruh tentang rencana aksi. Diperkirakan, titik konsentrasi buruh akan berada di Istana Negara, Bundaran HI sebagai perlintasan, dan Gedung DPR sebelum berkumpul secara massal di Gelora Bung Karno.

Rikwanto mengatakan, tidak ada larangan bagi buruh yang akan beraksi. Namun, buruh diimbau beraksi dengan tertib dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

Polri dan TNI juga telah menyiapkan kekuatan untuk mengawal aksi buruh dan mengantisipasi apabila terjadi kekacauan. Tol, bandar udara, pembangkit listrik, pangkalan energi, dan obyek vital lainnya menjadi fokus penjagaan agar tidak terganggu oleh aksi buruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com