Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Pekarangan untuk Kemandirian Pangan

Kompas.com - 26/04/2012, 10:17 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Tengah mengadakan percontohan model pemanfaatan pekarangan di Kelurahan Habaring Hurung, Bukit Batu, Palangkaraya. Hal itu merupakan upaya mendukung percepatan penganekaragaman konsumsi dan mewujudkan kemandirian pangan.

Percontohan tersebut dinamakan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL). Kegiatan itu merupakan konsep model rumah pangan yang dibangun dalam satu kawasan. "Prinsipnya, rumah tangga mampu mewujudkan kemandirian pangan melalui pemanfaatan pekarangan. Rumah tangga diharapkan mampu melakukan diversifikasi pangan," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Kalteng Teras Sahay, Kamis (26/4/2012), di Pontianak.

Kegiatan itu juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Dalam menyelenggarakan M-KRPL, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalteng menyediakan dan mengaplikasikan paket-paket teknologi pertanian yang dapat dikunjungi masyarakat umum.

Program itu sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2009 tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Pemprov Kalteng juga telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 22 Tahun 2010 tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. Sahay berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di kabupaten/kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com