Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Warga di Brebes Kesulitan Elpiji 3 Kilogram

Kompas.com - 11/04/2012, 21:04 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

BREBES, KOMPAS.com — Sebagian warga Brebes, Jawa Tengah, kesulitan mendapatkan elpiji 3 kilogram dalam sepekan terakhir, seperti terjadi di Kecamatan Tanjung dan Losari.

Mereka harus berebut untuk mendapatkan elpiji isi ulang 3 kilogram. Sebagian warga bahkan harus mencari hingga daerah lain. Kondisi itu mengakibatkan harga elpiji 3 kilogram melambung menjadi Rp 20.000 per tabung.

Azis Muslim (32), warga Desa Lemahabang, Kecamatan Tanjung, Rabu (11/4/2012), mengaku mencari ke sejumlah pangkalan dan pengecer, tetapi sulit mendapatkan elpiji 3 kilogram. Padahal, selain untuk kebutuhan pribadi, ia juga membutuhkan elpiji 3 kilogram untuk ibunya, Rusminah (47), yang sehari-hari berjualan makanan.

Akibatnya, ibunya sempat tidak berjualan makanan selama satu hari karena kesulitan memasak lauk. Kalau nasi bisa dimasak dengan rice cooker, tetapi lauk tidak bisa.

Menurut dia, elpiji 3 kilogram sempat diperoleh pada Selasa sore dari pangkalan. Namun, dari kebutuhan empat tabung, dia hanya mendapatkan jatah dua tabung. Beberapa pengecer yang juga membeli elpiji 3 kilogram di pangkalan hanya mendapatkan jatah 4-5 tabung per orang.

Kondisi tersebut, lanjutnya, mengakibatkan harga elpiji 3 kilogram naik. Di pangkalan, harga elpiji masih sekitar Rp 15.000 per tabung, tetapi di pengecer mencapai Rp 17.000-Rp 18.000 per tabung.

Terkait dengan hal itu, Kepala Sub-bagian Energi dan Sumber Daya Mineral Bagian Perekonomian Brebes Ratim menuturkan, kesulitan mendapatkan elpiji 3 kilogram terutama dialami warga di wilayah perbatasan dengan Jawa Barat. Hal itu merupakan dampak pengurangan kuota elpiji 3 kilogram untuk wilayah Jabar sebagai imbas dikeluarkannya aturan kuota nasional pada akhir Maret lalu.

Padahal, selama ini, sebagian elpiji 3 kilogram dari Jabar masuk ke wilayah Jateng, seperti  Kecamatan Losari, Banjarharjo, dan Tanjung. Dengan adanya pengurangan kuota di wilayah Jabar, ketersediaan elpiji 3 kilogram untuk beberapa kecamatan di Brebes juga berkurang.

Untuk membantu warga, katanya, Pemerintah Kabupaten Brebes sudah mengajukan tambahan pasokan elpiji 3 kilogram kepada Pertamina. Rencananya tambahan pasokan elpiji  akan diperoleh pada Kamis besok sebanyak 560 tabung per agen per pekan. Dengan jumlah 16 agen, tambahan pasokan yang diperoleh sekitar 8.960 tabung per pekan.

Selain itu, Pemkab Brebes juga akan meminta tambahan pasokan harian dari sebelumnya 29.583 tabung per hari menjadi 30.500 tabung per hari. " Untuk ini, kami baru mau menghadap gubernur," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com