Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Geledah LBH Jakarta dan Tahan Satu Mahasiswa

Kompas.com - 29/03/2012, 22:56 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aparat kepolisian melakukan penggeledahan terhadap mahasiswa yang bermalam di LBH Jakarta. Penggeledahan dilakukan menyusul terjadinya pembakaran atas mobil Resmob Polda Metro Jaya di seberang Kantor LBH Jakarta, Kamis (29/3/2012) malam.

Wartawan tidak diperkenankan meliput penggeledahan ini. Namun, dari luar gerbang kantor di Jalan Diponegoro terlihat para mahasiswa dikumpulkan di aula lantai 1 gedung tersebut.

Polisi kemudian memeriksa tas-tas yang ditinggalkan. Tas jinjing hingga dompet tampak ikut diperiksa. Sementara itu, di sekitar lokasi terlihat ratusan petugas kepolisian. Tampak pula sejumlah personil TNI.

Pihak kepolisian juga masih terus menyisir lokasi di sekitar TKP hingga ke kolong Jembatan Salemba. Dari sebuah rumah di samping kantor LBH, pihak kepolisian menangkap seorang pemuda yang diduga sebagai mahasiswa. Dia langsung diamankan ke mobil tahanan.

Di sisi kiri kantor LBH di Jalan Mendut telah terparkir dua unit mobil tahanan. Kedua kendaraan tersebut diduga akan dipakai untuk mengangkut mahasiswa yang diduga terlibat tindakan anarkis pembakaran mobil polisi.

Mahasiswa yang bermalam di kantor LBH diketahui sebagai anggota Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami). Mereka adalah kelompok mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selama melakukan aksi tolak kenaikan harga BBM mereka menjadikan kantor LBH sebagai base camp.

Saat ini Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suhardi Alius telah berada di lokasi penggeledahan. Ditemani sejumlah staf, ia kemudian melakukan peninjauan ke Pos Polisi Jalan Diponegoro yang dirusak mahasiswa dalam aksi unjuk rasa malam tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com