Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar Pesan Pendaki Jangan Lupa Salat

Kompas.com - 26/03/2012, 08:24 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menitipkan pesan kepada para pendaki 7 Summits untuk tetap beribadah. Pasalnya, pendakian puncak gunung bukan hanya soal penaklukkan diri, tapi sebuah perjalanan memahami alam semesta berikut penciptanya.

Hal itu diungkapkan Heryawan sewaktu melepas rombongan pendaki dari Wanadri di Gedung Pakuan, Senin (26/3/2012). Rombongan akan mendaki Puncak Everest pada bulan April tapi sudah bertolak ke Nepal tanggal 29 Maret mendatang.

"Jangan lupa salat kalau di sana. Lihat saja kondisi yang paling memungkinkan," kata Heryawan.

Heryawan menjelaskan, pendakian gunung adalah metode yang bagus untuk membangun karakter sekaligus mendekatkan manusia dengan pencipta. Dengan menjalani perjalanan tersebut, diharapkan manusia yang mengalahkan tantangan fisik juga mampu mengembangkan mental yang kokoh.

Dengan mendaki gunung, lanjut Heryawan, diharapkan dia bisa memahami betapa besar dunia ini dan betapa kecilnya manusia. "Dari sanalah manusia bakal menyadari bahwa di balik alam yang luas dan besar itu pasti ada yang Maha Akbar," kata Heryawan.

Pada kesempatan yang sama, Heryawan juga mengutarakan kebanggaannya terhadap para pendaki yang notabene berasal dari Jawa Barat. Dia mengharapkan pencapaian ini juga turut mengharumkan nama provinsi tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com