Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS Tidak Mau Maju Sendiri

Kompas.com - 11/03/2012, 13:41 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Keadilan Sejahtera masih enggan mengungkapkan akan berkoalisi dengan partai mana pada Pilkada DKI Jakarta 2012. Namun, langkah maju sendiri tanpa koalisi yang dilakukan lima tahun lalu tampaknya kecil kemungkinan dilakukan oleh PKS.

Calon yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Triwisaksana, mengatakan bahwa tipis kemungkinan untuk tidak berkoalisi dengan partai lain pada pemilihan umum kepala daerah (pilkada) kali ini. Untuk itu, pihaknya juga terus melihat peta politik yang berkembang saat ini agar tepat melakukan pendekatan politik kepada partai lain. "Peta politiknya makin hari makin seru. Partai yang masih belum menetapkan koalisi ada Demokrat, PDI-P, Gerindra, PAN, dan PKB," kata Sani, sapaan akrab Triwisaksana, di Jakarta, Minggu (11/3/2012).

Secara perolehan kursi di DPRD DKI Jakarta, PKS mampu untuk mengusung calon sendiri pada pilkada kali ini. Saat ini, PKS mengantongi sebanyak 18 kursi di parlemen dan merupakan partai pemilik kursi terbesar kedua setelah Partai Demokrat.

Ketika dikonfirmasi mengenai isu PKS akan merapat bersama dengan Partai Demokrat, Sani mengatakan bahwa selama visi dan misinya sejalan serta berniat bersama-sama berkoalisi tentu tidak menutup kemungkinan untuk bergabung menyatukan kekuatan di pilkada kali ini. "Semua peluang terbuka untuk koalisi dengan partai yang belum menentukan. Jadi, ditunggu saja, ya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com