Palawa Belajar Pengelolaan Karst di Laos

Kompas.com - 28/11/2011, 01:43 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

BANDUNG, KOMPAS.com -- Tim pencinta alam, Palawa Universitas Padjadjaran Bandung, akan menelusuri Gua Karst Tham Khoun Xe di Republik Laos. Dalam ekspedisi bertema Indonesia Gigantic River Cave Expedition, 29 November - 13 Desember 2011, tim akan belajar tentang pengelolaan kawasan karst yang ideal.

"Kawasan karst di Laos adalah contoh nyata pengelolaan karst yang baik. Kami berharap bisa memberi masukan terkait pengelolaan kawasan karst di Indonesia," kata Manajer Tim Ekspedisi Bayu Baruna, Minggu (27/11/2011) di Bandung, Jawa Barat. Ekspedisi ini hasil kerja sama Unpad dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Gua Tham Khoun Xe terletak di Provinsi Khammouane, Republik Laos. Gua yang dialiri sungai bawah tanah, Sungai Xe Bang Fei ini memiliki panjang sekitar 8 kilometer, lebar sekitar 100 meter dan tinggi dinding mencapai 120 meter. Di sekitarnya juga ada banyak gua karst kecil yang menjadi pendukung daerah wisata utama di Laos ini.

Tim ekspedisi beranggotakan 14 orang akan mendokumentasikan karakteristik kawasan dalam bentuk foto dan tulisan menjadi buku.

Ketua Tim Ekspedisi Dwi Jaya Andika Siregar mengatakan, penelusuran ini diharapkan bisa memberi perbandingan tentang pengelolaan kawasan karst yang baik. Saat ini, di Indonesia, mayoritas kawasan karst hanya diambil potensi tambangnya, sehingga justru menghancurkan bentang kawasan itu sendiri. Salah satu buktinya adalah kawasan karst di Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.

"Padahal, bila dikembangkan dan dikelola dengan baik maka akan semakin banyak keuntungan ekonomi yang bisa didapatkan tanpa merusak kondisi geografisnya," kata Dwi.

Ketua Dewan Pengurus XXIV Palawa Unpad, Muhammad Rausyan Fikry menjelaskan bahwa salah satu tujuan ekspedisi ini adalah turut mengkampanyekan pentingnya kawasan karst bagi kehidupan bumi, antara lain sebagai penyerap air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rausyan menyebutkan, ada beberapa daerah di Indonesia yang melupakan fungsi penting kawasan karst dengan melakukan eksploitasi di kawasan tersebut. Meski begitu, ada pula kawasan karst di Indonesia yang masih dijaga kelestariannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.