Anti-Hedonisme: Batalkan Pembelian Pesawat Kepresidenan!

Kompas.com - 18/11/2011, 14:47 WIB
Penulis Iwan Santosa
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menuntut pembatalan pembelian pesawat kepresidenan yang dianggap pemborosan dan wujud sikap hedonis.

Kordinator Fitra Ucok Sky Khadafi dalam percakapan Jumat (18/11) mengatakan, pihaknya menuntut Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan rencana pembelian pesawat kepresidenan senilai Rp 496 miliar.

"Total pembelian pesawat kepresidenan baru jenis Boeing Jet 2 seharga USS$ 58 juta bukan membanggakan bangsa ini. Ini semata-mata memenuhi nafsu hedonis pejabat publik," kata Ucok.

Rencana pembelian tersebut berlebihan mengingat TNI AU sudah memiliki dua uni pesawat super VVIP dari Garuda Indonesia. Pesawat tersebut siap sedia untuk digunakan di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma.

Anggaran green aircraft kepresidenan di tahun 2011 ujar Ucok dianggarkan Rp 92 miliar di luar rencana pembelian pesawat Boeing Jet 2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.