Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Korsel Diajak Ciptakan Ketahanan Pangan

Kompas.com - 04/11/2011, 16:35 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menciptakan ketahanan pangan akibat dampak perubahan iklim, Pemerintah Indonesia mengajak Amerika Serikat dan Korea Selatan melanjutkan kerja sama bilateral berbasis teknologi dalam pembangunan kelautan dan perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengemukakan itu seusai menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jumat (4/11/2011).

"Indonesia dan Amerika Serikat memiliki sejarah panjang dalam kerja sama bilateral, khususnya di bidang kelautan dan perikanan. Perlu digarisbawahi pentingnya dukungan Amerika Serikat dalam mengembangkan  eksplorasi laut, pengelolaan sumber daya pesisir dan laut, serta pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dalam menciptakan ketahanan pangan akibat dampak perubahan iklim," ujar Cicip.

Kerja sama Indonesia dan AS diawali pada 2003 melalui Program Mitra Bahari dan diperkuat dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) tentang kerja sama ilmu pengetahuan, teknologi, dan aplikasi di bidang kelautan dan perikanan pada tahun 2007.

Seusai bertemu dengan Marciel, Cicip juga menerima kunjungan kehormatan Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Korea untuk Indonesia Kim Young-soon untuk kerja sama di bidang kelautan dan perikanan.        

Menurut Cicip, dukungan dan kerja sama AS juga dibutuhkan dalam upaya penanggulangan pemberantasan penangkapan ikan ilegal dan pendekatan ekosistem terhadap pengelolaan perikanan di Indonesia.

Selain itu, penerapan port state measure, pemberdayaan nelayan skala kecil, dan dalam memenuhi standar kualitas produk perikanan yang ditetapkan oleh AS.

Sementara itu, Korea merupakan negara mitra yang penting bagi Indonesia, khususnya setelah presiden kedua negara menandatangani Deklarasi Bersama Kemitraan Strategis pada Desember 2006 di Jakarta.

Pada kunjungan kehormatan itu, Kim Young-soon juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi Indonesia dalam "Busan International Seafood dan Fisheries Expo 2011". Acara itu juga menjadi ajang dalam pertukaran informasi terhadap kondisi pasar perikanan global, serta dalam mempromosikan produk-produk perikanan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com