Militer Masih Berjaga-jaga di Ambon

Kompas.com - 02/10/2011, 09:29 WIB
EditorNasru Alam Aziz

AMBON, KOMPAS.com -- Meski kegiatan masyarakat sudah mulai kembali normal, suasana Kota Ambon, Maluku, masih belum benar-benar pulih setelah pertikaian antarwarga pada 11 September lalu. Sebagian dari ratusan rumah yang gosong terbakar akibat kerusuhan masih terberngkalai di beberapa kawasan di kota itu, dan militer masih terus berjaga di titik-titik rawan.

Pemantauan Kompas, Minggu (2/10) dinihari, beberapa titik rawan yang dijaga itu antara lain meliputi kawasan di sekitar Tugu Trikora, di makam THR, Waringin, Batu Merah, dan di Mardika. Untuk memperlambat laju kendaraan yang melintas, beberapa kawasan dipasangi kayu melintangi jalan.

Militer dengan senjata lengkap berdiri di sekitar lokasi bekas kebakaran itu. "Saya masih enggan keluar malam hari, jika tidak sangat perlu. Lebih baik berhati-hati," kata seorang warga yang tinggal di Batu Merah.

Masyarakat Ambon, yang pernah mengalami konflik tahun 1999, kini tak menghendaki konflik serupa terjadi lagi. Meski provokasi masih beredar, terutama lewat pesan pendek, masyarakat berusaha untuk tidak terpancing.

Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina, dalam dialog dengan masyarakat di kantor Gubernur Maluku, Sabtu sore, menegaskan, kondisi Ambon sudah semakin pulih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.