Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Feeder" Busway Harus Sinkron

Kompas.com - 28/09/2011, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, tiga rute angkutan penumpang atau feeder busway diluncurkan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat mencapai tujuan dari tempat asalnya dengan menggunakan transportasi umum.

"Sebagai pengguna angkutan umum, semakin banyak pilihan itu semakin baik karena berarti calon penumpang punya banyak pilihan," kata Pengamat Transportasi dari Instran, Darmaningtyas di Jakarta, Rabu (28/9/2011).

Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah menjaga konsistensi pelayanan baik itu feeder maupun busway. Selain itu, penyesuaian jadwal feeder dengan busway itu juga harus diperhitungkan.

"Harus sinkron jadwal antara feeder dengan busway. Ini agar penumpang yang turun dari feeder tidak terlalu lama menunggu busway-nya. Begitu pula sebaliknya," jelas Darmaningtyas.

Feeder ini memang akan terintegrasi dengan beberapa koridor busway. Antara lain Rute 1 terintegrasi dengan Koridor III (Kali Deres-Harmoni) dan Koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni), kemudian Rute 2 terhubung dengan Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor II (Pulo Gadung-Harmoni). Sedangkan Rute 3 terintegrasi dengan Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit).

Berikut adalah rutenya:

Lintasan Rute 1 dengan trayek Sentra Primer Barat-Daan Mogot yaitu Halte RS. Puri Indah - Halte Walikota Jakbar - Halte Pasar Puri Sisi Utara - Halte Pasar Puri Sisi Selatan - Halte Mutiara Kedoya Sisi Timur - Halte Kedoya Raya Sisi Barat - Halte Kedoya Raya Sisi Timur - Halte Kembangan Sisi Selatan - Halte Pesanggrahan Sisi Timur - Transfer Point Koridor VIII - Transfer Point Koridor III.

Lintasan Rute 2 sepanjang 6,50 km dengan trayek Tanah Abang-Balai Kota meliputi Halte Jatibaru - Halte Abdul Muis Sisi Barat - Halte IRTI Sisi Selatan - Halte Abdul Muis Sisi Timur - Halte Jalan Fahruddin Sisi Barat - Transfer Point ke Koridor II - Tranfer ke Koridor I.

Lintasan Rute 3 sepanjang 8,23 km dengan trayek SCBD-Senayan mencakup Halte B.E.J - Halte Komdak - Halte Gelora - Halte Plaza Senayan - Halte Senayan Trade Center - Transfer ke Koridor I - Transfer ke Koridor IX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com