Banyak Peralatan Rusak

Kompas.com - 06/09/2011, 21:52 WIB
EditorAgus Mulyadi

SOLO, KOMPAS.com -  Hari pertama pelaksanaan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (6/9/2011) diwarnai kerusakan dan gangguan sejumlah peralatan. Dari dua set peralatan yang diterima tiap kecamatan, hanya satu set yang bisa digunakan.  

 

Kondisi ini masih diperparah dengan kenyataan belum semua peralatan tiba. Dari 29 set peralatan yang seharusnya diterima Kota Solo, baru 10 perangkat yang diterima yang digunakan oleh lima kecamatan.

Perangkat yang diketahui rusak atau mengalami gangguan ditemukan di Kecamatan Banjarsari, Jebres, Serengan, dan Pasar Kliwon. Hanya di Kecamatan Laweyan, kedua set peralatan bisa digunakan.  

 

Koordinator pendamping pelaksanaan e-KTP untuk Kota Solo, Waskita Priyono, mengatakan, pihaknya telah melaporkan adanya peralatan yang rusak atau mengalami gangguan kepada panitia pusat. Ia berharap, penggantian alat segera dikirimkan agar pelaksanaan e-KTP berjalan lancar.  

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seperti di Kecamatan Banjarsari, softwarenya rusak, untuk masuk Windows saja tidak bisa. Kami menduga alatnya pernah terjatuh. Di Kecamatan Jebres dan Serengan sempat beroperasi semuanya, namun belakangan salah satu perangkat mengalami gangguan," kata Waskita.  

 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solo, YF Sukasno, berharap peralatan lainnya segera datang, agar target program ini selesai pada akhir tahun 2011 bisa tercapai.

Menurut Sukasno, masyarakat dan perangkat dari Pemerintah Kota Solo telah siap melaksanakan program ini. Sayangnya,  kesiapan di tingkat daerah tidak didukung dengan kesiapan alat.

"Tahun ini kami menganggarkan lebih dari Rp 2 miliar untuk operasional program ini," kata Sukasno.

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.