Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah Naqsyabandiyyah Ber-Lebaran Hari Ini

Kompas.com - 29/08/2011, 08:01 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Hari ini, Senin (29/8/2011), jemaah Naqsyabandiyyah di Sumatera Barat melaksanakan shalat Id. Hal ini dipastikan setelah melakukan penghitungan 1 Syawal 1432 H melalui motode hisab.

Guru Mursyid Tarekat Naqsyabandiyyah Sumatera Barat, Buya Syafri Malin Mudo, di Padang, Minggu (28/8/2011), menjelaskan, penetapan hari raya Idul Fitri tahun ini menggunakan metode hisab sesuai dengan pedoman kitab Munjid.

"Dengan menghitung secara Munjid, kami pastikan 1 Syawal 1432 H jatuh pada 29 Agusutus 2011. Kita awali dengan penetapan awal puasa tahun ini, menghitung 360 hari dari awal Ramadhan tahun lalu, dengan hitungan 30 hari per bulannya. Itu beda kita dengan pemerintah, tanggalnya ada yang 28, 29, dan juga 31," ujarnya.

Sementara murid Syafri Malin Mudo, Zalar (40), yang juga guru di Surau Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, juga menjelaskan, untuk menentukan Lebaran tahun ini, mereka menghitung 360 hari dari Lebaran tahun lalu yang jatuh pada 1 Agustus.

"Kita telah melihat hilal dilakukan pada malam ke 15 Ramadhan (15 Agustus lalu) pada pukul 18.30 WIB dan pukul 24.00 WIB. Pantauan kami, bulan tampak terang," ujarnya.

Dengan terlihatnya bulan pada 15 Agustus lalu, mereka tinggal menambahkan 15 hari sehingga diperoleh perhitungan 30 hari Ramadan dan Lebaran jatuh pada 29 Agustus 2011 karena awal puasa jatuh pada 30 Juli lalu.

"Jika bulan tak tampak pada 15 Agustus lalu maka ritual melihat bulan dilakukan 22 Ramadhan atau 22 Agustus. Walau bulan telah tampak, para jemaah tetap melakukan rukyat dengan menggunakan metode hisab Munjib," ujarnya.

Seperti menghitung Lebaran tahun lalu yang jatuh pada 1 Agustus, untuk menentukan Lebaran tahun ini dihitung sebanyak 360 hari dari tanggal itu. Pada hitungan ke 361-lah hari pertama Lebaran tahun ini. "Dengan penetapan tersebut maka jemaah kita akan takbiran pada 28 Agustus," katanya.


Baca juga: Tinggi, Potensi Beda Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com