Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Beras Impor Masuk Tahun 2011

Kompas.com - 04/08/2011, 16:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beras impor sudah akan mulai masuk pada akhir Agustus 2011. Pemerintah sudah menyepakati dalam Rapat Koordinasi Pangan tingkat Menko Perekonomian untuk mendatangkan beras impor semua sebanyak 1,6 juta ton sebelum tutup tahun.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar saat dihubungi Kamis (4/8/2011) di Jakarta mengatakan, akhir bulan Agustus ini beras impor sudah akan masuk 150.000 ton sampai 200.000 ton.

"Rapat Menko juga menyepakati beras impor harus sudah masuk semua sebelum tutup tahun, agar efektif menekan harga beras saat musim paceklik," katanya.

Mustafa mengatakan, saat ini stok beras di Bulog 1,3 juta ton. Cukup untuk memenuhi penyaluran raskin sekitar 4,5 bulan yang akan datang. Bagi pemerintah tidak masalah dengan adanya raskin ke 13 yang semakin menipiskan stok beras Bulog, karena beras impor akan segera datang.

Volume beras impor yang diorder disepakati sebesar 1,6 juta ton. Pemerintah kemarin juga memutuskan untuk menyalurkan raskin ke 13. Penambahan penyaluran raskin terbukti lebih efektif dari operasi pasar. Selain volumenya besar juga langsung menyasar ke kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com