Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peziarah Makam Gus Dur Meningkat

Kompas.com - 25/07/2011, 10:35 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com — Peziarah di makam mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, cenderung meningkat menjelang Ramadhan 1432 Hijriah.

"Peningkatan jumlah peziarah sudah terjadi sejak sebulan lalu, sejak liburan sekolah," kata petugas keamanan makam Gus Dur, Teguh Santoso (29), di Jombang, Senin (25/7/2011).

Ia menjelaskan, peziarah berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Peziarah tidak hanya berasal dari Jawa dan Madura, tetapi juga Kalimantan dan Sumatera.

Mereka, katanya, tidak hanya datang secara berombongan dengan menggunakan bus dan kendaraan umum, tetapi juga kendaraan pribadi roda empat dan roda dua.

"Sudah tradisi, sebelum ada makam Gus Dur, kompleks pemakaman ini menjelang puasa juga selalu ramai dikunjungi peziarah," katanya.

Seorang petugas posko tamu makam Gus Dur, Kholilo (35), menjelaskan, peningkatan jumlah peziarah yang terjadi sejak sebulan yang lalu tersebut berkisar 3.000 orang per hari.

Pada hari biasa, katanya, jumlah peziarah berkisar 2.000 orang per hari, kecuali pada hari libur, Minggu, atau Jumat Legi.

"Terutama pada Jumat Legi dan hari libur seperti Minggu, peziarah selalu ramai," katanya. Namun, menurut dia, jumlah peziarah yang datang ke makam Gus Dur akan menurun drastis memasuki masa puasa.

"Dan ramai kembali setelah hari raya Idul Fitri," katanya.

Ia menjelaskan, jalan menuju lokasi makam Gus Dur ada dua titik yaitu melalui tepi Jalan Raya Jombang-Batu, Malang, yang hanya berjarak sekitar 100 meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com