Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Akan Jual 200 Tank ke Arab

Kompas.com - 04/07/2011, 08:09 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Jerman siap untuk menjual lebih dari 200 tank Leopard kepada Arab Saudi berdasarkan perjanjian multi-miliaran euro setelah dewan keamanan negara itu memberikan persetujuannya pekan lalu, lapor majalah Der Spiegel, Minggu.

Seorang juru bicara pemerintah menolak mengomentari laporan itu, yang mengatakan Arab Saudi telah tertarik untuk memperoleh lebih dari 200 tank 2A7+ itu, dengan mengatakan pemerintah tidak memberikan informasi mengenai keputusan dewan keamanan atau perjanjian ekspor individual.

Partai oposisi Hijau dan Kiri mengatakan, mereka akan mengecam penjualan senjata itu jika penjualan tersebut dikonfirmasi, dengan menyebutkan bahwa hal itu akan merupakan pelanggaran terhadap pembatasan ekspor senjata.

Tank-tank itu dibuat oleh Krauss-Maffei Wegmann dan Rheinmetall. Der Spiegel mengatakan, Arab Saudi telah lama mengusahakan tank Leopard dari Jerman, tapi Jerman berualangkali menolak permintaan tersebut, dengan alasan itu bahaya bagi Israel. Laporan itu menyatakan, Jerman sekarang tidak lagi menganggap Arab Saudi ancaman bagi Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com