Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayap Partai Demokrat Bertambah

Kompas.com - 07/05/2011, 03:17 WIB

Manado, Kompas - Ketatnya persyaratan partai politik menjadikan Partai Karya Perjuangan pimpinan Mohammad Jasin memutuskan tidak menjadi peserta Pemilihan Umum 2014 dan memilih bergabung dengan Partai Demokrat.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan) Jackson Kumaat di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/5), mengatakan, keputusan itu merupakan hasil konsensus nasional 33 Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Pakar Pangan yang bertemu di Denpasar, Bali, 30 April lalu. ”Bergabung dengan Demokrat sudah keputusan bulat seluruh pengurus,” katanya.

Pakar Pangan dilahirkan 2007 dan kini memiliki 100 kursi di DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyambut positif sikap Pakar Pangan dengan menyebutnya sebagai saudara sejak lahir. ”Pak Anas mengatakan, Pakar Pangan adalah saudara Demokrat sejak lahir karena pendiri Demokrat adalah M Jasin juga pimpinan Pakar Pangan,” kata Kumaat.

Pengurus DPP Pakar Pangan Sulut, Didi Paendong, mendukung sikap partai. ”Kami tak menyerah sebelum perang, tetapi menyadari kekuatan. Ini aliansi strategis rasional,” ujarnya.

Penghalang parpol calon peserta Pemilu 2014 adalah proses verifikasi di Kementerian Hukum dan HAM serta di Komisi Pemilihan Umum dan juga persyaratan ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

Menurut Kumaat, Pakar Pangan akan menjadi sayap Partai Demokrat dengan organisasi baru Bakti Karya Perjuangan Demokrat (BKPD) yang akan dideklarasikan 7 Juli mendatang. Organisasi ini mengedepankan perjuangan kesejahteraan buruh, tani, dan nelayan. (ZAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com