Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Nachrowi-Rano Semakin Jadi Nyata

Kompas.com - 27/04/2011, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, persaingan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur kian memanas. Yang paling hangat adalah kabar pencalonan Nachrowi Ramli dengan Rano Karno. Pencalonan keduanya tampak akan segera menjadi nyata.

Hal itu tersirat dari pernyataan Sekretaris DPD Partai Demokrat DKI Irfan Gani dalam wawancara dengan Kompas.com, Rabu (26/4/2011). Irfan mengatakan, saat ini pihaknya tengah menjalin berbagai komunikasi politik dengan berbagai pihak. Namun, komunikasi dengan Rano Karno merupakan yang paling intens terjadi.

"Dari semuanya memang yang paling intens dengan Rano Karno," ucap Irfan.

Dia menjelaskan, Demokrat kini sedang meneliti kandidat DKI 2 yang terbaik dan yang mampu menguatkan pencalonan Nachrowi. "Selain itu, kami ingin menang. Nah, apakah wakilnya Pak Nachrowi ini bisa menguatkan pencalonan atau tidak? Inilah yang kami nilai," ujarnya.

Lalu, apakah Rano Karno mampu menguatkan pencalonan Nachrowi? "Sangat menguatkan. Satu, dari sisi kepartaian penggabungan Partai Demokrat dengan PDI-P sangat baik," ungkap Irfan.

Kedua, dari sisi politis, nama Nachrowi sudah sangat melekat dengan Demokrat DKI, demikian juga dengan Rano Karno di PDI-P DKI. Terlebih, Nachrowi juga merupakan putra daerah alias asli Betawi. Ketiga, dari tingkat keterkenalan, popularitas Rano Karno mampu menguatkan Nachrowi Ramli.

"Ketika kami kenalkan kepada publik siapa Nachrowi Ramli dan Rano Karno, kami enggak perlu terlalu sulit. Lebih mudah jelaskan ke masyarakat karena tingkat keterkenalan kedunya berimbang," ucap Irfan.

Menurut Irfan, apabila popularitas sudah cukup tinggi, maka tingkat elektabilitasnya juga biasanya tinggi pula. "Komunikasi politik yang saat ini efektif terjalin selama ini yah dengan Rano Karno itu. Kalau menguatkan tentu kami akan solid dan jaga ini seperti dengan Rano," tandas Irfan.

Sebelumnya anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok, mengatakan, duet Nachrowi-Rano merupakan pasangan ideal. Menanggapi namanya digadang-gadang menjadi DKI 2, Rano pernah mengutarakan niatnya. Apabila diberikan kepercayaan, Rano siap maju sebagai DKI 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com