Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Suatu Perubahan

Kompas.com - 14/04/2011, 02:51 WIB

A Tomy Trinugroho

Sekretariat Gabungan Koalisi Partai Pendukung Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono (Setgab) mengalami perubahan struktur. Tidak ada lagi jabatan ketua harian yang selama ini dipegang oleh Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie. Gantinya, dibentuk jabatan wakil ketua dan posisi baru ini diisi oleh Aburizal Bakrie. 

Jabatan Sekretaris Setgab masih ada dan tetap dipegang oleh Syarifuddin Hasan dari Partai Demokrat. Adapun Yudhoyono, tentu saja, masih menjadi Ketua Setgab.

Setgab, yang beranggotakan enam partai anggota koalisi, terbentuk pada 2010. Pembentukannya terkait erat dengan hiruk-pikuk Panitia Khusus Hak Angket Pengusutan Kasus Bank Century. Dengan antara lain dimotori Partai Golkar, Pansus berupaya membongkar dugaan penyalahgunaan dana talangan atau bail out Bank Century. Kala itu, posisi politik Partai Golkar berseberangan dengan Partai Demokrat.

Apa sebenarnya maksud dari perubahan struktur Setgab tersebut? Terkait posisi wakil ketua Setgab yang diisi oleh Aburizal, Syarifuddin Hasan yang salah satu Ketua Partai Demokrat itu menyatakan, format koalisi yang baru dimaksudkan agar terjalin komunikasi yang lebih efektif antara wakil ketua dan ketua Setgab (Kompas, 13/4).

Komunikasi lebih efektif yang diharapkan terjadi tersebut adalah komunikasi antara Aburizal dan Yudhoyono. Secara tata organisasi, ketua dan wakil ketua memang sangat lekat. Kedua posisi ini pada prinsipnya sama-sama berada dalam satu lembaga puncak atau lembaga pimpinan tertinggi.

Perubahan struktur semacam itu sangat mungkin membuat kecewa sejumlah pihak yang tergabung dalam koalisi. Para politisi yang selama ini gerah dengan sikap politik Partai Golkar di parlemen tentu merasa tidak puas. Bagaimana mungkin Partai Golkar yang mendukung pembentukan hak angket pajak sehingga berseberangan dengan sebagian besar anggota Setgab lainnya, malah mendapat keistimewaan dalam struktur baru Setgab.

Benarkah penempatan Aburizal sebagai Wakil Ketua Setgab semata-semata didasarkan atas pertimbangan bahwa Partai Golkar merupakan partai pemilik kursi terbanyak kedua di parlemen setelah Partai Demokrat? Dengan kata lain, benarkah keistimewaan, atau apa pun namanya, hanya terkait dengan posisi Partai Golkar di posisi kedua setelah Partai Demokrat?

Pendek

Tampil sebagai Presiden RI pertama yang dipilih secara langsung pada tahun 2004, Yudhoyono kini tinggal memiliki waktu 3,5 tahun di puncak kekuasaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com