Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: Kalau Kirim Paket, Telepon Dulu

Kompas.com - 21/03/2011, 20:04 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kapolda Jateng Irjen Pol Edward Aritonang meminta masyarakat mengurangi kepanikan saat menerima paket. Yang utama adalah waspada dan hati-hati, namun semua dilakukan tanpa panik. "Di Jateng selatan tuh banyak pondok pesantren yang mendapat kiriman paket tertentu. Namun mereka tidak panik, hanya melapor saja," kata Edward di Semarang, Senin (21/3/2011).

Setelah diperiksa dan ditelusuri, ternyata paket itu berisi buku yang dikirim oleh pihak penerbit Lazuardi Biru. Kapolda menuturkan, karena pengirim dan isi paket jelas, maka polisi tidak mengambil tindakan apa pun. "Belajar dari hal itu, silakan bagi masyarakat yang hendak mengirim paket apa saja, telepon lah si penerima, agar tidak menambah kepanikan," kata Kapolda menanggapi kiriman-kiriman penting yang diledakkan polisi.

Edward Aritonang mengakui bahwa permintaan pemeriksaan paket oleh masyarakat meningkat, pascameluasnya bom buku dan bom paket di Jakarta dan sekitarnya.

Kapolda mengakui, sulit untuk tidak merusak paket yang dicurigai berbahaya karena Polda Jateng memiliki keterbatasan peralatan deteksi bom. "Kita punya alat deteksi metal, kami khawatir kalau hanya mengandalkan peralatan itu," katanya.

Menurut Edward, memang sulit untuk menghindari disposal atau peledakan. "Cuma kalau paket itu berisi makanan, oleh-oleh, kan sayang kalau diledakkan. Karena itu, jika mengirim paket, tulislah alamat pengirim dengan jelas, jangan lupa menelepon yang dikirimi, agar tidak terkejut dan memancing kepanikan," katanya.

Sejauh ini, peralatan yang dimiliki Polda Jateng, sudah didorong ke wilayah eks karesidenan, agar pelayanan bisa optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com