Jet Tempur Khadafy Serang Benghazi

Kompas.com - 19/03/2011, 14:12 WIB
EditorEgidius Patnistik

BENGHAZI, KOMPAS.com — Sebuah pesawat mengebom wilayah barat daya Benghazi yang dikuasai kubu oposisi Libya, Sabtu (19/3/2011) pagi, dan dua kolom asap tampak dari daerah tersebut, demikian dilaporkan wartawan AFP.

Suara pesawat itu terdengar dari pusat kota. Suara ledakan terdengar sepanjang malam.

Pemerintah Libya dan kubu yang melawan rezim Moammar Khadafy saling tuduh telah melanggar gencatan senjata yang diumumkan Tripoli setelah adanya resolusi PBB yang menetapkan zona larangan terbang di negara yang tercabik perang saudara itu.

Presiden AS Barack Obama telah memberi ultimatum keras kepada Khadafy, yang mengancam akan melakukan tindakan militer jika Khadafy mengabaikan tuntutan PBB untuk gencatan senjata dan mundur dari benteng pihak antipemerintah. Washington juga menuduh rezim Khadafy melanggar kesepakatan.

Perancis, Sabtu, akan menjadi tuan rumah untuk "pertemuan yang menentukan" antara Uni Eropa, Liga Arab dan Uni Afrika, yang akan dihadiri juga oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, mengenai tindakan sanksi militer di Libya. Duta Besar Perancis untuk PBB, Gerard Araud, mengatakan, ia berharap akan ada intervensi militer dalam hitungan jam setelah pertemuan tersebut diadakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.