Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Sosial Ledakan Penduduk di Sumba

Kompas.com - 03/03/2011, 22:47 WIB

KOMPAS.com - Peningkatan jumlah penduduk Sumba Barat Daya dari 195.000 pada tahun 2000 menjadi 287.666 jiwa pada tahun 2010 mengagetkan pemerintah daerah setempat. Faktor kawin usia muda sebagai salah satu penyebab, selain faktor lain.

Sayangnya, jumlah penduduk yang tinggi, tidak diimbangi peningkatan lapangan kerja, kualitas pendidikan yang rendah, dan hasil pertanian yang terus memburuk. Hal tersebut menimbulkan masalah sosial baru. Angka putus sekolah rata-rata setiap tahun 25.300 anak dari total siswa 78.936 siswa.

Kondisi ini membuat kualitas hidup warga Sumba Barat Daya (SBD) terus menurun. Angka kemiskinan di daerah ini mencapai 35.825 kepala keluarga (kk), atau sekitar 179.125 jiwa , dari total 287.666 jiwa. Pendapatan per kapita rata-rata Rp 197.150 per bulan, tingkat provinsi sebanyak Rp 167.920 per kapita per bulan.

Angka kriminalitas seperti pencurian pun terus meningkat dari tahun ke tahun, meski ada upaya mengatasi. Tahun 2008 angka kriminalitas yang berdasarkan data perkara di pengadilan Negeri Sumba Barat sebanyak 479 dan tahun 2010 menjadi 789 perkara. Dari jumlah ini 80 persen perkara pencurian.

Bupati Sumba Barat Daya, dr Kornelius Kodi Mete di Weetabula, Selasa (1/3/2011) lalu membenarkan kasus ini. Peningkatan jumlah penduduk di SBD paling tinggi di seluruh Nusa Tenggara Timur. Perkawinan usia muda, poligami serta semboyan banyak anak banyak rezeki sebagai pendorong.

Program keluarga berencana (KB) belum disosialisasikan secara maksimal di kalangan masyarakat bawa. Ada pemikiran negatif terhadap program ini sehingga sebagian pasangan usia subur menolak menggunakan alat-alat kontrasepsi seperti kondom, IUD, implant, dan lainnya.

Jumlah pasangan usia subur 37.927, ikut program KB hanya 11.699 pasangan, atau sekitar 26.228 pasangan tidak ikut KB.

Jahawalu (20) warga desa Kori Kecamatan Kodi Utara mengatakan, menikah pada usia 17 tahun (2008), sementara pasangannya saat it u berusia 15 tahun. Ia hanya mengenyam pendidikan sampai kelas dua SMP, sementara pasangannya kelas satu SMP. Kini mereka telah dianugerahi tiga orang putra.

Satu tahun kami lahirkan satu anak. Kami belum ikut program KB karena dilarang orangtua. Kata orangtua, anak banyak lebih baik. Sama dengan mereka memelihara ternak, makin banyak ternak di kandang status social makin tinggi, dan terpandang, kata Jahawalu sambil tertawa.

Jahawalu sendiri tidak pernah berniat mengikuti program KB. Pihak orangtua mengusulkan, kalau ia sudah memiliki 10 anak, orangtua akan mencarikan daun-daunan di hutan untuk mengatasi jarak kelahiran anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com