Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Seru di New York Fashion Week

Kompas.com - 22/02/2011, 21:05 WIB

KOMPAS.com — New York City menjadi kota pertama yang menyelenggarakan pekan mode dunia, diikuti oleh London, Milan, dan Paris. Peragaan busana dari berbagai desainer untuk koleksi fall/winter digelar 10-17 Februari lalu, sedangkan koleksi Spring/Summer akan diadakan 13-20 September 2011.

Pekan mode ini dihadiri para tokoh media dan selebriti, juga sekitar 100.000 tamu dan sejumlah relawan dari sekolah-sekolah mode, seperti FIT atau Parsons School of Design. Seluruh acara diliput oleh stasiun TV lokal, TV 25, dan ditayangkan lebih dari 150 jam.

Sejak September 2010, venue New York Fashion Week dipindahkan ke Damrosch Park di kompleks Lincoln Center. Pintu masuk dan fasad gedung ini terletak di antara Metropolitan Opera House dan David H Koch Theater. Para tamu akan melewati karpet merah untuk memasuki lobi, di mana jadwal peragaan busana setiap harinya diproyeksikan secara digital ke dinding.

Masih banyak hal-hal menarik yang bisa ditemukan di depan ataupun di balik panggung. Beberapa di antaranya seperti yang dipaparkan di sini.

Makanan berlimpah ruah
Bila datang cukup awal, Anda bisa menikmati beragam kudapan di area backstage. Jenis makanan yang dihidangkan umumnya croissant, bagel, es krim yogurt, buah-buahan, jus jeruk, dan kopi (untuk sarapan), sandwich mini, hummus dan sayuran, kue kering, cupcake mini (makan siang), serta pasta salad, salad, sandwich, buah, aneka keju, dan kue kering (sore atau malam hari).

Korban-korban stiletto
Model pun bisa kagok memakai sepatu rancangan desainer yang banyak di antaranya berhak tinggi. Sekitar enam model tak mampu menjaga keseimbangannya dan jatuh di atas catwalk. Meskipun begitu, sepatu berhak tinggi tetap menjadi keharusan di peragaan busana seperti ini. Kecuali bila Anda harus banyak bergerak (bukan seperti tamu VIP yang diturunkan langsung di depan Lincoln Center), sepatu datar wajib dikenakan.

Untuk menghindari model tergelincir di atas sepatu, sebenarnya sudah ada sejumlah penata busana yang bertanggung jawab mendandani para model. Salah satu tugasnya membuat dasar sol sepatu lecet untuk menciptakan daya tarik di lantai. Dengan demikian, para model tidak akan jatuh.

Kalap minuman gratisan
Saat menghadiri pekan mode, Anda pasti akan menemui orang-orang yang berdandan habis-habisan. Namun, ketika melihat ada berbotol-botol Starbucks Frappuccino disajikan gratis di lemari es, mereka pun kalap dan saling berebut. Mereka tak hanya mengambil satu, tetapi dua, tiga, bahkan empat botol sekaligus dan menyimpannya di dalam tas. Norak, ya? Sepanjang hari petugas mengisi ulang lemari es tersebut dengan minuman Frapps, Fiji waters, dan Kefir Probotic Smoothie.

Produk perawatan rambut TRESemme juga memiliki booth yang menyediakan goodie bag berisi produk-produknya. Seperti minuman, banyak tamu yang bolak-balik ke booth ini untuk mengambil dua atau tiga goodie bag.

Saling menyerobot tempat duduk
Kursi untuk para undangan biasanya sudah ditempeli nama dan perusahaannya. Namun, kursi-kursi itu sering kali diduduki orang lain yang ingin menonton dari tempat yang paling strategis. Mereka juga tebal muka, kadang berpura-pura tidak bisa berbahasa Inggris atau tidak bergeming sama sekali dari kursi serobotannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com