Harga Susu Capai Rekor Tertinggi 8 bulan

Kompas.com - 02/02/2011, 13:31 WIB
EditorErlangga Djumena

WELLINGTON, KOMPAS.com - Harga seluruh susu bubuk meningkat menuju harga tertingginya dalam delapan bulan terakhir. Pemulihan perekonomian dunia tahun ini membuat permintaan susu global jadi meningkat.

Menurut eksportir susu terbesar dunia Fonterra Cooperative Group Ltd., harga susu bubuk telah naik 7,6 persen dalam dua minggu terakhir, mencapai harga tertingginya sejak 1 Juni 2010. Sementara, menurut ANZ National Bank Ltd., indeks ekspor 17 komoditi naik dalam lima bulan terakhir.

Indeks harga komoditi ANZ mencatatkan kenaikan harga komoditi 3,8 persen sejak Desember 2010. Menurut hasil lelang GlobalDairyTrade Fonterra di Auckland, harga rata-rata susu bubuk untuk pengiriman April 2011 meningkat menjadi 3.794 dollar AS per ton.

Harga susu bubuk telah meningkat 13 persen sejak Desember 2010 seiring meningkatnya permintaan dari Asia sementara produksi susu dari Selandia Baru berkurang akibat bencana kekeringan di provinsi Northland dan Waikato. (Rizki Caturini/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.