Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harian "Kompas" Raih Adam Malik Award

Kompas.com - 08/01/2011, 05:11 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS - Harian Kompas memperoleh penghargaan Adam Malik Award dari Kementerian Luar Negeri. Penghargaan diserahkan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Trias Kuncahyono, Jumat (7/1), seusai pernyataan pers tahunan Kemlu.

Harian Kompas dinilai memenuhi tiga kategori yang ditetapkan untuk menerima penghargaan tersebut. Ketiga kategori itu antara lain penyajian fakta yang benar dalam pemberitaan terkait hubungan luar negeri Indonesia.

Kategori kedua, pemberitaan Kompas dinilai mengandung muatan pendidikan publik yang konstruktif dan inspiratif bagi masyarakat.

Kategori ketiga, pemberitaan Kompas selama ini dinilai berimbang dengan didukung oleh riset dan fakta yang juga memadai.

Selain Kompas, Televisi Republik Indonesia (TVRI) juga ditetapkan sebagai penerima anugerah penghargaan sama untuk kategori media massa elektronik. Begitu juga untuk kategori media massa online ditetapkan situs berita Detik.com.

Untuk wartawan, penghargaan diberikan kepada jurnalis koran The Jakarta Post, Lilian Budianto.

Sebelumnya, pada tahun 2009, situs berita Kompas.com juga pernah dianugerahi penghargaan sama untuk kategori media online.

Lebih lanjut dalam pidato pernyataan pers tahunan Kemlu, Marty juga menyinggung pentingnya peran media massa, yang juga merupakan bagian dari pilar politik luar negeri dan diplomasi. Marty mengaku sangat mengapresiasi kerja sama yang baik dan telah terjalin selama ini.

”Kami menyampaikan selamat bagi rekan-rekan media yang tahun ini mendapat Adam Malik Award. Kemlu percaya kerja sama yang telah terjalin ini dapat ditingkatkan pada masa mendatang,” ujar Marty.

Marty menambahkan, ada keniscayaan politik luar negeri Indonesia dan diplomasi merupakan hasil kerja bersama seluruh elemen bangsa, termasuk media massa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.