Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perajin Batik DIY Gunakan Pewarna Alami

Kompas.com - 31/10/2010, 12:20 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perajin batik di wilayah DIY cenderung menggunakan pewarna alami dalam proses pembuatan batik tulis karena selain ramah lingkungan juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Perajin batik dengan pewarna alami, Nurhaini, di Yogyakarta,Minggu mengatakan jika dirinya menyukai pembuatan batik tulis dengan pewarna alami ketimbang dengan warna kimia, selain bahan bakunya tergolong murah dan warna yang dihasilkan memilki daya tahan yang cukup lama.

Di sela-sela kegiatan Jogja Export Expo, yang diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) 27-31 Oktober 2010, ia mengatakan pilihan penggunaan pewarna alam karena pertimbangan bahan bakunya sangat mudah didapat.

"Kami dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan, mulai dari buah, daun hingga kayu dan semuanya dapat menghasilkan warna batik yang memukau," katanya.

Menurutnya, bahan baku untuk pewarnaan alami sangat mempengaruhi kualitas warna pada kain batik, khususnya untuk kualitas warnanya.

"Misalnya warna yang dihasilkan dari buah manggis akan jauh lebih baik dan tahan lama daripada warna yang dihasilkan pada pewarna alam lainnya," katanya.

Nurhaini juga mengatakan, jika sejumlah wistawan lokal lebih banyak meminati batik tulis dengan pewarnaan alam.

"Hampir setiap bulan, daya beli wisatawan lokal terhadap batik tulis dengan pewarnaan alam ini sangat tinggi. Kami biasanya dalam satu bulan mampu menjual sekitar 100 potong batik tulis ini," katanya.

"Sebagian besar wisatawan lokal yang meminati batik tulis ini adalah wisatawan asal Jakarta, Surabaya dan Bali serta ada juga dari Sumatra dan Kalimantan," kata Nurahaini.

Hal senada juga dikatakan perajin batik tulis lainnya, Surtinah, yang menggunakan pewarna alami sebagai bahan pewarnaan batik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com