Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad Berterima Kasih kepada Paus

Kompas.com - 07/10/2010, 17:59 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah menulis surat ucapan terima kasih kepada Paus Benediktus XVI yang telah mengutuk ancaman seorang yang disebut pastor oleh pengikutnya di Amerika Serikat untuk membakar Al Quran pada peringatan serangan 11 September.     "Saya berterima kasih atas sikap Anda mengutuk tindakan tidak bijak dari sebuah gereja di Florida, Amerika Serikat, yang menghina firman Allah dan menyakiti hati jutaan umat Islam," kata Ahmadinejad dalam surat yang kemudian ditayangkan pada laman kantornya.     Ahmadinejad mengatakan kepada Paus bahwa ada keperluan untuk kerja sama lebih erat di antara agama-agama Tuhan guna membatasi aksi-aksi merusak, misal mengabaikan ajaran agama, memengaruhi orang untuk menjadi materialistis yang mengikis rasa kebersamaan, terutama keluarga dan generasi muda.     Surat itu, Rabu (6/10/2010), disampaikan kepada Paus oleh Wakil Presiden bidang Parlemen Mohammad Reza Mirtajodini.     Seperti dikabarkan, Paus pada bulan lalu mengecam ancaman pendeta Terry Jones untuk membakar kitab suci umat Islam. "Saya berdoa bagi para korban dan saya minta penghormatan terhadap kebebasan beragama dan (semoga) semangat logika rekonsiliasi dan perdamaian mengalahkan kebencian dan aksi kekerasan," kata Paus di Vatikan. 

Jones membatalkan rencana untuk membakar Al Quran setelah tekanan besar yang diberikan para pemimpin dunia, termasuk Presiden AS Barack Obama. Namun, ancaman untuk membakar kitab suci umat Islam itu telah memicu kerusuhan dan protes di seluruh dunia.     Pada malam rencana pembakaran Al Quran itu, Ahmadinejad mengatakan bahwa rencana tersebut merupakan bagian dari "plot zionis" yang akan berujung dengan dipercepatnya "kehancuran" Israel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com