Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi VIIIL: Tak Cukup Hanya Internet

Kompas.com - 06/10/2010, 16:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Studi banding anggota Dewan ke sejumlah negara selalu jadi sorotan. Kritik publik, kunjungan itu hanya bernuansa plesiran dan tidak disertai dengan agenda yang jelas. Hasil studi banding juga kerap tak disampaikan secara transparan.

Dalam waktu dekat, 9-16 Oktober 2010, Komisi VIII DPR akan bertolak ke Amerika Serikat. Ada yang mengusulkan, untuk beberapa hal, anggota Dewan bisa mencarinya melalui kecanggihan teknologi dengan memanfaatkan fasilitas internet.

"Saya tidak mengerti kenapa kita kalau DPR studi banding banyak disoroti. Kita kan ingin tahu mengaplikasikannya bagaimana. Interaksi people to people. Kalau cuma lihat di internet kan kita cuma bisa print saja," kata Radityo, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/10/2010).

Melihat langsung implementasi kebijakan suatu negara, menurutnya, bisa meningkatkan wawasan anggota Dewan dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya. Radityo memaparkan, dengan sejumlah agenda yang akan dilakukan di Amerika Serikat, DPR akan memelajari bagaimana menjalankan tiga fungsi dewan dalam bidang legislasi, anggaran dan pengawasan.

"Cara mereka mengawasi bagaimana sih? Kalau dalam fungsi anggaran, disana ada pengadaan makan gratis, dananya darimana? APBN, APBD, dan prosesnya bagaimana? Yang seperti ini kan harus dilihat langsung. Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua," kata anggota Fraksi Partai Demokrat ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com