Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadiyah Diserang Karena Salah Paham

Kompas.com - 02/10/2010, 13:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mesjid dan sejumlah rumah di pemukiman Ahmadiyah yang dibakar malam kemarin disebabkan karena adanya salah paham antar kampung. Hal ini disampaikan Kadiv Humas Polri, Irjen Iskandar Hasan siang tadi di Mabes Polri, Jakarta Selatan (2/10/2010).

"Pembakaran mesjid Ahmadiyah terjadi sekitar jam 19.00 WIB Jumat kemarin. Mesjid ini terletak di jalan Cisalada RT 01/05 Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Bogor. Pembakaran dilakukan oleh warga Kampung Pasar Salasa Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea, Bogor," jelas Irjen Iskandar Hasan.

Menurut Iskandar, konflik ini bermula saat warga Kampung Pasar Salasa diisukan dianiaya oleh warga Kampung Ahmadiyah. "Kronologis peristiwanya diawali dengan 2 orang warga Kampung Kebon Kopi Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor mengalami luka-luka. Salah satu korbannya bernama Rendi dibawa ke Puskesmas Cibungbulang. Kemudian terdengar isu bahwa pelakunya adalah warga Ahmadiyah, sehingga warga langsung menyerang dengan melakukan pengrusakan yang selanjutnya pembakaran," ungkap Iskandar.

Saat ini sebanyak 250 personel kepolisian dibantu anggota TNI disiagakan di pemukiman Ahmadiyah. Sementara itu warga Kampung Salasa masih berkerumun tak jauh dari pemukiman Ahmadiyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com