Tim Labfor Rusia Bertolak ke Makassar

Kompas.com - 15/09/2010, 00:43 WIB
EditorBenny N Joewono

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tim laboratorium forensik (Labfor) Rusia akan bertolak ke Makassar sebelum jenazah tiga anggota tim penjamin jet tempur Sukhoi SU-27 SKM itu dikirim ke negaranya.

Perihal rencana kunjungan tim Labfor Rusia itu disampaikan Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Hery Subiansauri di Makassar, Selasa (14/9/2010).

"Berdasarkan informasi, tim kesehatan dari Rusia akan segera datang sebelum ketiga korban dipulangkan. Mengenai jadwal kedatangannya belum bisa kita pastikan waktunya," katanya.

Kunjungan mereka dimaksudkan untuk mengetahui hasil perkembangan otopsi yang dilakukan para ahli Forensik di Makassar.

Sergei Voronin, Alexander, dan Victor Savorov dilaporkan meninggal dunia dengan dugaan diagnosa sesak nafas.

Ketiga anggota perakit dan teknisi Sukhoi yang tiba di Makassar 5 September lalu itu recananya akan berada di Lanud Hasanuddin Makassar selama setahun.

Mereka ditugaskan untuk memberikan jaminan kepada personel TNI AU jika jet tempur super canggih itu akan menjadi bagian dari Skuadron 11 Lanud Hasanuddin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga korban itu merupakan bagian dari 12 anggota tim garansi (warranty) yang bertugas mengecek kondisi tiga pesawat jet tempur canggih Sukhoi SU-27 SKM baru yang akan memperkuat Skuadron 11 Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin Makassar. Menurut Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Hery Subiansauri, hasil pemeriksaan awal menunjukkan ketiganya meninggal dunia karena dugaan diagnosa sesak nafas.

"Ketiganya mengalami sesak nafas, rongga dada, mual-mual dan mengalami pusing sebelum ketiganya meninggal dunia," katanya.

Ketiga korban sudah diotopsi tim Laboratorium Forensik Universitas Hasanuddin dan Kedokteran Kepolisian Polda Sulselbar di Rumah Sakit Polri Bhayangkara.

Dua pesawat Sukhoi baru yang dipesan dari Rusia itu sudah tiba di Makassar 10 September lalu, sedangkan pesawat ketiga dijadwalkan tiba pada 15 September.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.