Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endang Irzal, Cagub Sumbar Terkaya

Kompas.com - 11/06/2010, 22:03 WIB

PADANG, KOMPAS.com- Calon gubernur Sumatera Barat yang diusung Partai Demokrat, Endang Irzal tercatat sebagai cagub dengan kekayaan terbesar diantara lima cagub yang akan bertarung pada Pilkada Sumbar 30 Juni 2010.

Berdasarkan hasil laporan harta kekayaan pejabat negara (HKPN) para cagub/cawagub Sumbar yang diumumkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, kekayaan Endang tercatat Rp17,64 miliar, kata Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar, Muftie Syarfie di Padang, Jumat.

Sebelum maju menjadi cagub berpasangan dengan Asrul Syukur, Endang Irzal menjabat Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Semen Padang.

Cagub Sumbar dengan harta kekayaan terbesar kedua adalah, Fauzi Bahar yang saat ini masih menjabat Walikota Padang dengan kekayaan mencapai Rp5,79 miliar.

Sementara itu, calon wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim yang saat ini menjabat Bupati Padang Pariaman dengan kekayaan senilai Rp3,45 miliar adalah cagub/cawagub dengan kekayaan terbesar ke empat. Selanjutnya, Prof Dr Ediwarman di urutan ke lima dengan kekayaan senilai Rp3,35 miliar, disusul cagub Irwan Prayitno ( anggota DPR) dengan kekayaan Rp2,88 miliar.

Berikutnya, cawagub Aristo Munandar yang saat ini menjabat Bupati Agam mempunyai kekayaan senilai Rp2,01 miliar, sedangkan cagub "Incumbent" (masih menjabat sebagai Gubernur Sumbar) Prof Dr Marlis Rahman memiliki kekayaan Rp1,67 miliar.

Harta kekayaan cagub/cawagub Sumbar lainnya yang diumumkan yakni, cawagub Asrul Syukur sebesar Rp1,41 miliar, cawagub Yohanes Dahlan Rp736,41 juta dan cawagub, Husni Hadi dengan harta kekayaaan hanya Rp163,75 juta.

Pilkada pemilihan gubernur/wakil gubernur 2010 diikuti lima pasangan calon yakni, pasangan Ediwarman-Husni Hadi dicalonkan 24 partai kecil tergabung dalam Koalisi Partai Maju Bersama.

Kemudian, pasangan Marlis Rahman-Aristo Munandar dicalonkan Partai Golkar, Fauzi Bahar-Yohannes Dahlan diusung koalisi Partai Amanat Nasional dengan Partai Persatuan Pembangunan. Selanjutnya, pasangan Endang Irzal-Asrul Syukur dicalonkan Partai Demokrat didukung Partai Gerindra dan pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim yang didaftarkan Koalisi PKS dan Hanura. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com